Jumat, 25 Desember 2009

Be A Green Person

Sebenarnya, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat bumi kita makin hijau dan sehat. Caranya sangat simpel, sederhana, dan sangat bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Ini beberapa tipsnya (kalau mau nambahin, boleh banget, tuh!) :
• Makan masakan yang diolah sendiri lebih ramah lingkungan ketimbang membeli makanan dari luar. Selain itu, juga lebih hemat dan higienis.
• Menikmati makanan yang diolah dengan dengan bumbu alami – seperti cabai, bawang, dan merica – lebih ramah lingkungan ketimbang makanan yang diolah dengan bumbu cepat saji, apalagi yang kaya “MSG”, tuh! Survey membuktikan, bahwa “MSG” alias monosodium glutamate adalah penyebab terbesar obesitas, hipertensi, penyakit jantung, dan iritasi usus.
• Teliti sebelum membeli. Sebisa mungkin kita harus membeli membeli bahan makanan segar. Namun, jika terpaksa membeli makanan kemasan, ini cara untuk lebih “hijau”. Baca komposisi yang tercantum pada kemasan makanan. Makin sedikit komposisi makanan, makin “hijau”, tuh! Pilih kemasan yang paling minim dan pilih produk kemasan yang diproduksi lokal.
• Gunakan bahan makanan organik yang lebih ramah lingkungan. Namun, jangan sedih dulu jika belum sanggup membeli buah atau sayuran organik. Kita masih bisa, kok, bergaya hidup “hijau” dengan memilih buah dan sayur dengan lebih sedikit pestisida, seperti alpukat, nanas, mangga, kiwi, pisang dan pepaya, jagung muda, kubis, dan brokoli. Lawan dari buah rendah pestisida tersebut adalah apel, anggur dan pir. Semua itu adalah jenis buah boros pestisida, begitu pun sayuran selada, bayam, dan wortel.

0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top