Selasa, 29 Desember 2009

7 Isyarat Tubuh tentang Masa Depan (bagian 1)

Sahabat hijau, aku baru dapat artikel menarik, nih, dari sebuah tabloid kecantikan dan kesehatan. Sengaja aku posting biar Sahabat Hijau dapat turut membacanya.
Percaya atau tidak, hasil penelitian para ahli menunjukkan bahwa ciri fisik dan kebiasaan khusus dalam tingkah laku seseorang bisa jadi peringatan dini untuk kondisi kesehatannya. Berikut ini beberapa ciri fisik dan kebiasaan khusus tersebut :
  • Tinggi Badan
Wanita yang tingginya lebih dari 158 cm, kemungkinan bisa kehilangan suatu mutasi gen yang membantu mereka mencapai usia 100 tahun. Demikian hasil studi yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences.

  • Ukuran Bra
Bra dengan ukuran cup D bisa mengisyaratka resiko terkena diabetes di masa mendatang. Wanita yang mengenakan bra ukuran D atau lebih besar pada usia 20 tahun berpeluang 1,5 kali lebih besar mengalami diabetes ketimbang yang ukuran bra-nya A atau lebih kecil.
Itu menurut para periset, karena jaringan lemak di payudara seorang wanita secara hormonal sensitif dan mempengaruhi resistansi insulin, yang bisa menyebabkan diabetes.

  • Indera Penciuman
Orang dewasa usia pertengahan yang tidak bisa mengidentifikasi atau mengenali bau pisang, lemon, kayu manis, atau item lain punya kecenderungan lima kali lebih banyak untuk terkena penyakit Parkinson dalam empat tahun. Begitulah temuan dari sebuah studi 2008 yang dilaporkan di jurnal Annals of Neurology.
Para periset studi tersebut percaya bahwa area otak yang bertanggungjawab atas fungsi indera penciuman adalah salah satu area otak yang lebih dulu terdampak oleh penyakit Parkinson, yakni antara 2 hingga 7 tahun sebelum didiagnosa punya penyakit itu.

  • Golongan Darah
Orang dengan golongan darah A, B, atau AB punya peluang 44% lebih banyak untuk terkena kanker pankreas ketimbang yang bergolongan O. Demikian hasil studi dari Dana Farber Cancer Institute di Boston dan Harvard Medical School terhadap 107.503 orang dewasa. Itu mungkin mengindikasikan bahwa gen yang menentukan golongan darah juga bisa membawa suatu resiko genetis untuk kanker pankreas.

  • Panjang Jari Tangan
Menurut studi 2008 yang dipublikasikan di jurnal Arthritis & Rheumatism, wanita yang telunjuknya lebih pendek ketimbang jari manisnya, dua kali lipat berpeluang untuk terkena osteoarthritis di lutut. Sebab, wanita dengan karakteristik yang kebanyakan dimiliki pria itu, cenderung punya kadar estrogen lebih rendah. Padahal, estrogen berperan dalam pencegahan osteoarthritis.

  • Panjang Tungkai
Jika tungkai Sahabat Hijau tergolong gemuk pendek, mungkin anda perlu lebih memperhatikan kesehatan liver. Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Epidemiology and Community Health, sejumlah periset Inggris menemukan, wanita yang panjang tungkainya 20-29 inci (sekitar 58-80 cm) cenderung punya kadar yang lebih tinggi dalam empat enzim yang mengindikasikan penyakit liver.
Faktor-faktor seperti nutrisi semasa kecil mungkin tidak hanya mempengaruhi pola pertumbuhan, tapi juga perkembangan liver hingga ke masa dewasa.

  • Lipatan Daun Telinga
Berbagai studi menunjukkan, kerut-kerut lurus pada salah satu atau kedua daun telinga bisa jadi pertanda punya kecenderungan terkena problem kardiovaskuler. Kendati tidak pasti, para pakar curiga berkurangnya serat-serat elastis daun telinga bisa menyebabkan terjadinya lipatan dan mengerasnya pembuluh-pembuluh arteri di daun telinga.

0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top