Selasa, 29 Desember 2009

Tetap Cantik Saat Cuaca Panas

Beberapa bulan belakangan ini, cuaca ekstrem mulai melanda Indonesia. Banjir di beberapa daerah sementara daerah yang lain justru mengalami kekeringan parah, serta hawa panas yang meningkat tajam dibanding tahun-tahun sebelumnya. Matahari dan cuaca panas tentu tidak bisa dihindari oleh para Sahabat Hijau yang tinggal di negeri tropis seperti Indonesia ini. Nah, agar tetap cantik menawan meski diterpa cuaca panas dan sengatan sinar matahari, ada beberapa tips yang mau aku bagi-bagi. Cekidot:

  • Gunakan tabir surya

    Tabir surya adalah barang wajib pakai bila kita beraktivitas di luar rumah. Namun, mereka yang kulitnya berminyak banyak yang enggan menggunakannya, dengan alasan terasa lengket, berminyak, dan meninggalkan bekas putih di wajah.

    Sedang mereka yang kulitnya kering malas memakai tabir surya karena akan menyebabkan kulit terasa “berat”. Solusinya? Untuk kulit sangat berminyak, gunakan lotion penyerap minyak sebelum menggunakan tabir surya. Sedang untuk kulit berminyak, pilih tabir surya yang oil free, sehingga terasa ringan. Lebih baik lagi bila waterproof, sehingga tidak luntur oleh keringat. Sementara, untuk kulit kering gunakan pelembab yang sekaligus mengandung tabir surya.

    Tabir surya yang digunakan sebaiknya minimum ber-SPF 15. Juga, pastikan bahwa tabir surya tersebut bersifat Broad Spectrum, yakni melindungi kulit dari sinar UVA (penyebab penuaan kulit), juga UVB (penyebab gelapnya kulit).

  • Pakai facial spray

    Bagi mereka yang kulitnya kering, memakai facial spray adalah cara tepat untuk terlihat segar saat cuaca panas.

  • Pilih make up warna natural

    Gunakan riasan wajah dengan warna natural atau mendekati warna kulit, seperti beige dan krem. Jika bosan dengan warna tersebut, pilih warna pastel agar segar, seperti pink lembut, biru ringan, hijau muda, ungu pucat, dan sebagainya. Alternatif lainnya adalah gunakan warna metalik yang pucat seperti emas atau perak di sudut mata.

  • Hindari sering pakai bedak

    Untuk kulit berminyak, jangan terlalu sering menghilangkan minyak di wajah dengan membubuhkan bedak. Sebab, itu justru akan “membebani” kulit wajah sehingga membuat wajah akan terlihat seperti topeng. Serap saja minyak tersebut dengan tisu khusus penyerap minyak wajah.

0 komentar:

Posting Komentar

Previous Post Next Post Back to Top